Rabu, 21 Agustus 2013

JATUH CINTA, PUTUS CINTA, MOVE ON!

Jatuh cinta, pacaran, konflik, putus cinta, MOVE ON. Begitu-begitu aja emang alurnya. Siapapun pasti ngerasain hukum alam yang kaya gitu. Dan semua orang punya caranya masing-masing untuk ngerasain yang namanya CINTA, PACARAN, KONFLIK, PUTUS dan MOVE ON. Mustahil sih kalo hari gini masih ada aja yang belum pernah pacaran sama sekali. Berasa idup di jaman batu. Adam sama Hawa aja udah ngerasain jatuh cinta. Kalo mereka gak jatuh cinta mungkin lo gak akan lahir. *ya iyalah begok!*
Tapi siapapun yang lagi ngerasain yang namanya CINTA, pasti engga bisa dekripsiin apa sih arti CINTA itu. Kalo menurut gue sendiri sih, cinta itu adalah satu moment dimana lo bisa jadi orang lain. Akan banyak hal-hal gila yang belom pernah lo lakuin sebelumnya, tapi pas lo bisa ngelakuin hal gila itu, mungkin lo lagi jatuh cinta. Walopun caranya itu lucu, unik, atau sakit sekalipun. Mungkin ada juga yang cuma ngelakuin hal-hal sepele seperti, lo bisa senyam-senyum sendiri, gak peduli lo lagi sendiri, atau ditempat umum sekalipun. Ada juga yang biasanya nih, buat cowo-cowo, kalo lagi pada ngumpul di rumah temennya, terus yang biasanya aktifitasnya gak jauh dari main PS, tapi kali ini lebih milih untuk rebahan sambil melototin bbnya sambil cengar-cengir sendiri. Dan ada juga yang lebih gila lagi. Biasanya sih ini terjadi buat yang udah punya pacar. Ya bisa dibilang CINTA TERLARANG sih. "Tersangka" yang lagi IN LOVE, bisa ilang-ilangan dari pacarnya demi orang baru yang masuk di hidupnya. Agak-agak gawat rupanya. Ada juga yang sampe nyilet-nyilet tangannya demi orang yang disayang balik lagi ke pelukannya. Gila kan? Biasanya sih ini buat orang yang udah lama pacaran terus tiba-tiba galau. Tapi gue gak mau cerita tentang CINTA GALAU! Karena... Karena apa yah? Hahaha! Karena gue gak mau share tentang gegalauan dulu aja. Tapi yang pasti, bersyukurlah orang-orang yang masih bisa ngerasain 'cengar-cengir sendiri' gara-gara satu hal kecil yang orang sebut dengan CINTA. *tsahilaaahh*
Dan lo juga harus percaya sama lagunya Tony Q - Witing Tresno Jalaran Soko Kulino. Alias 'CINTA DATANG KARENA TERBIASA'. Yang begini biasanya agak-agak random nih. Awalnya lo gak 'berniat' buat jatuh cinta sama dia. Tapi karena seringnya lo ngabisin waktu bareng doi, lama-lama perasaan itu timbul juga. Dan lo akan bertanya-tanya sendiri sama hati lo, 'Apa iya gue suka sama dia? Kok gue mulai kepikiran dia terus sih?' Naaahh.. Biasanya udah ada tanda-tanda tuh kalo lo mulai punya pertanyaan kaya gitu sama hati kecil lo sendiri. Biasanya pun orang yang lagi jatuh cinta, akan mengubah kebiasaan hidupnya secara sadar atau gak sadar sama sekali. Yang biasanya tidurnya cepet, ini bisa jadi orang yang paling kuat begadang karena lo akan menghabiskan waktu lo untuk bbman, telfon-telfonan atau skype-an. Yang biasanya maruk bener kalo sama makanan, lo bisa jadi orang yang berasa lagi diet ketat! Kayanya laper, tapi kok gak napsu makan. Lo akan lebih mentingin hp lo daripada makanan yang ada di depan mata lo. Yang biasanya lo hobi marah-marah macam anjing brimob, lo akan berubah jadi orang yang paling kalem sedunia. Bawaannya lo RAMAAAHHH banget! Saking ramahnya, setiap orang yang lo temuin, lo senyumin terus mau itu kenal atau engga. *Yaaa.. 11 12 sama orang gila sih* Maklumin aja. Kalo lo nemuin orang senyam-senyum sendirian di jalan, apalagi doi sambil megang hp, bisa jadi tu orang lagi ngerasain yang namanya CINTA. Dan biasanya lagi, orang yang lagi jatuh cinta suka lupa segala. Lupa waktu, lupa makan, lupa tidur, tapi gak lupa MANDI sama DANDAN! Bawaannya jadi CENTIIIILLL banget! Cowo pun bisa jadi centil kalo lagi jatuh cinta. Jadi rajin ngegym biar badannya selalu keliatan KECE didepan cewe idamannya. Yang biasanya hobi panas-panasan di bengkel, cowo bisa jadi centil dengan ngebawa MAKE UP KIT kemana-mana yang berisi sabun muka, face toner, kapas, parfum, dan peralatan kecantikan lainnya. Demi apa men? DEMI KELIATAN KECE DOANG! Serius loh ini! Hahaha! Emang dikira cewe doang yang akan ngebela-belain keliatan cantik didepan gebetannya? Diet ketat, bolak balik salon, belanja baju-baju baru dan sebagainya.
Biasanya juga, orang yang lagi jatuh cinta, akan selalu ngerasa deg-degan apalagi pas lagi ketemu gebetannya. Gebetannya selalu diperhatiin, dipuji-puji, dijagain. Tapi biasanya juga, hal itu gak akan berlangsung lama kalo lo udah jadian sama gebetan lo. Buat yang udah pernah nonton film RADIO GALAU FM, film itu bener banget meeenn! Gak usah pacaran sampe 2 tahun, 6 bulan pertama aja akan bikin lo jadi orang yang beda. Perasaan lo akan berkurang sedikit demi sedikit karena mulai makin tau sikap dan sifat asli pacar. Yang biasanya..
"Sayang.. Kamu udah makan belom? Makan dong, nanti kamu sakit"
Akan berubah jadi..
"Makan gih, entar teriak laper lagi!"
Ataaauuu..
"Sayang, makan gih. Entar kamu sakit loh. Kalo kamu sakit, nanti siapa yang NYAKITIN aku??"
Gak enak kan? Makanya, selagi lo masih di tahap JATUH CINTA, nikmatin baik-baik deh sebelum lo mutusin buat jadian sama gebetan lo. Makanya, buat yang lagi jatuh cinta, jangan keburu napsu buat jadian sama gebetan. Bisa jadi itu cuma napsu sesaat lo. Kapan lo mau nikah kalo pacarannya gitu-gitu mulu? Buat cewe juga jadi orang jangan "MURAH-MURAH" beneeerr!! Punya harga diri dikit laaahh! Kalo gue sih punya cara sendiri buat nilai cowo serius sama yang cuma main-main. Pertama, LO JANGAN TERLALU PERCAYA SAMA OMONGAN LAKI-LAKI! Mulut laki-laki itu kaya IKLAN meeeen! Mereka selalu berkata manis yang padahal sikapnya gak semanis omongannya. Mereka juga selalu ngumbar janji. Gue udah sering loh ngalaminnya! -____-" Baru pacaran sebentar, cita-cita dan mimpi sama pacar udah jadi 1 novel! Ya pengen jalan-jalan kesini lah, kesitu lah, pengen bikin ini itu bareng pacar lah, sampe pengen NIKAH lah, ujung-ujungnya, satupun mimpi gak ada yang kesampean yang ada malah putus di tengah jalan. Jadi biar aja semua mimpi ngalir gitu aja.
Dulu waktu masih kuliah, gue pernah ngebuktiin yang mana cinta beneran sama cinta sesaat. Gue ditembak sama gebetan gue tapi gak langsung gue jawab. Gue gantungin jawaban itu sampe TIGA BULAN! Bukan sok jual mahal atau jahat, tapi kalo gak gitu, kaum cewe yang LAGI-LAGI akan jadi korbannya! Bukan berarti ngegantungin cowo selama 3 bulan kita jadi jauh. Selama 3 bulan itu, kita tetep jalan bareng, mesra-mesraan, dan sebagainya. Tapi sembari ngeliat gimana PEMBUKTIAN LAKI-LAKI buat kita kaum cewe yang selalu mikir pake HATI, bukan LOGIKA! Dan setelah bulan ketiga, setelah gue ngeliat PENGORBANAN yang sebenernya, baru gue nerima dia jadi pacar gue. Dia bukan cuma berkorban biar diterima jadi pacar gue, tapi pengorbanannya dia emang tulus karena dia berani ngorbanin NYAWANYA SENDIRI demi gue. Saik kan? Ngorbanin nyawa bukan melulu dengan lo coba bunuh diri, nyilet-nyilet tangan atau bikin TATTOO nama atau muka gebetan di badannya. Tapi demi ngebela harga diri pasangannya. Itu baru berkorban. Jadi buat cowo, JANGAN NYERAH GITU AJA kalo cewe yang lo tembak dalam waktu singkat malah minta waktu buat ngejawab dalam waktu yang gak ditentukan! Tapi cowo-cowo sekarang kan mentalnya LEMAH! Baru digantungin dikit udah nyerah, gak lama ada cewe yang masuk ke hidupnya, malah gampang aja BERPINDAH KE HATI YANG BARU YANG BELOM TENTU ITU LEBIH BAIK DARI YANG LAMA! Naaaahh!! Jadi cowo tuh jangan CENGENG-CENGENG bener napah! Jangan LEMAH! Cewe manapun juga males kalo gebetannya GAMPANG NYERAH kaya gitu. Pacaran aja sama boneka barbie kalo gak mau berkorban buat cewe yang KATANYA lo sayang banget!
Itu kalo lagi jatuh cinta.. Kalo yang lagi anget-angetnya pacaran? Lo akan masih ngebiasain diri lo untuk selalu telfon-telfonan setiap malem. Tapi kalo selama 6 bulan? Gak janji deh bakal nelfon tiap malem. Buat ngabarin aja biasanya MALES! Iya gak tuh? Karena, orang yang telfon-telfonan itu biasanya cuma pas lagi PDKT, buat pengenalan lebih jauh. Biasanya masih banyak topik yang akan lo omongin sama gebetan. Kalo udah pacaran, biasanya udah tau satu sama lain. Yang ada lo akan diem-dieman di telfon karena udah keabisan topik pembicaraan. Rugi kan? Dan itu bisa jadi konflik nantinya! Karena satu sama lain akan jadi lebih sensitif. Dan akan ada pembicaraan seperti ini..
"Kamu kok diem aja sih? Kamu udah males ngomong sama aku? Kamu udah gak mau telfon-telfonan sama aku?"
Nah lo mamam dah tuh kalo orang yang udah lo pacarin malah ngomong kaya gitu. Gak enak banget meeeen! Pemicunya sih kecil, tapi berdampak panjang buat hubungan lo nantinya. Lo akan ngerasa JENUH, dan bakal ada konflik-konflik baru dalam hubungan lo. Banyak yang bilang, "Berantem itu adalah BUMBU pacaran". Nah iya kalo pacaran. Kalo nikah berantem mulu? Apa gak CERAI tuh ujung-ujungnya? Amit-amit dah! Dan masa iya lo mau pacaran mulu gak nikah-nikah? Kan udah banyak juga buktinya, temen-temen gue yang udah pacaran 3 tahun, 5 tahun bahkan 11 tahun akhrinya harus putus dan gak bisa balik lagi. Ada juga yang akhirnya nikah padahal baru pacaran 6 bulan tapi gara-gara Married By Accident! Gak mau kaaan? Siapapun berharap hubungannya NORMAL kok! Pacaran, nikah, sampe maut yang memisahkan! *saik gak tuh?*
Konflik-konflik besar juga biasanya pemicunya KECIL. Gara-gara jenuh berantem mulu di telfon, ujung-ujungnya CURHAT ke lawan jenis yang akhirnya bikin nyaman, akhirnya timbullah sebuah PERSELINGKUHAN! Hayo ngakuuuu.. Siapa yang pernah ngalamin itu? Ini berdasarkan pengamatan langsung loh. Sering banget temen-temen gue kejadian kaya gini. Dan apesnya, GUE ADALAH KORBANNYA! Korban seperti apa? Akhirnya mereka yang punya pacar itu malah jadi cinlok sama gue! HMMMM! Ada yang emang curhat doang tapi mereka gak cinlok sama gue, tapi keluhannya si temen gue yang curhat adalah, mereka jenuh sama pacarnya! Kalo yang gue jadi korbannya, mereka cinlok sama gue, tapi guenya no heart feeling sama doi. Hehe.. Maap yak, gue udah nganggep lo temen sih. Gapapa kan? Iyalah jelas gapapa. Kan ini perasaan gue, gue yang ngerasain. Hahahaha! Tapi sering banget loh gue jadi bahan "MUNTAHAN" mereka yang lagi JENUH sama pacarnya. Gue aja gak punya pacar, eeh mereka malah curhat masalah pacarnya masing-masing. Bagus pengalaman dan pengamatan gue banyak, jadi gue bisa bantuin mereka kasih solusi. Ala-ala Mamah Dedeh yekaaann.. Semua orang curhat sama gue. Kaga laki, kaga cewe, tua, muda, semuanyaaaa! Jadi kalo bisa, yang lagi galau, kalo mau curhat jangan sama lawan jenis deh! NAKSIR GAK GARANSI!
Kalo tadi udah cerita tentang JATUH CINTA, PUTUS CINTA, gak fair kalo gak ngomongin MOVE ON nya! Boooosss!! Hari gini stuck sama 1 orang aja? Kelaut aje sono idup ama teripang. Yang idupnya nempeeeell mulu ama batu karang! Lama-lama lumutan iyak dah! Hahahaha! Kalo masalah MOVE ON, gue udah bisa dibilang MASTERnya belom yah? Hahaha! Move on itu ibarat NGANTUK! Cuma 1 obatnya. Kalo ngantuk, obat paling mujarab adalah TIDUR. Begitupun MOVE ON, cuma 1 obatnya.. CARI YANG BARU! Jamiiiiinnn! Sukses deh move onnya. Move on itu ada karena KEMAUAN! Kalo engga mau, yak gak move on-move on! Awalnya sih berat buat lupain orang yang pernah kita sayang. Tapi kalo lo udah nemuin 1 yang pas banget di hati, rasanya SURGA ada di depan mata lo! Asliii!! Lo bisa lagi ngerasain dari fase awal yaitu JATUH CINTA! Rasanya gak ada yang ngalahin meeeenn! Tai kucing rasa coklat lah pokonya! Tapi inget, buat yang lagi move on dan udah nemuin yang baru, perasaannya jangan terlalu diumbar dulu. Biasanya yang udah ngumbar di awal, bakal berakhir cepet dan sia-sia! Ya karena lo udah menggebu-gebu di awal! Makanya, perasaannya dicicil pelan-pelan, biar aja ngalir kaya e'e di kali! Hahaha! Lo matengin dulu perasaan lo sama doi, lo nikmatin fasenya pelan-pelan, pelajarin karakternya gebetan baru lo itu. Jangan belom-belom lo udah bisa bilang SAYANG dalam waktu singkat aja. Baru 3 hari kenal udah nembak karena KATANYA udah sayang banget. Menurut gue, sayang dalam waktu yang singkat itu BULLSHIT sih. Gak tau kenapa otak gue udah kedoktrin kaya gitu. Karena yang namanya SAYANG ITU BUTUH PROSES! Suka, suka banget, sayang, sayang banget, cinta dan benci, itu bedanya tipiiiisss banget kaya lingerie penganten baru! Cowo yang bisa bilang sayang dalam waktu singkat itu udah pasti doi punya bakat buat jadi PLAYER! Yaaaa walopun NIATNYA engga jadi player, tapi itu udah ada tanda-tandanya tuh! Ati-ati deh buat cewe-cewe. Jangan mau jadi bahan gombalannya cowo doaaaang! Cowo juga kadang-kadang mulutnya kaya CAPRES yang lagi nyalon buat jadi wakil rakyat! JANJINYAAAAA.... Beuuuhh.. Indah beneeeerrr! Pas udah jadi... Jangan harap janjinya ada yang dikabulin! Asli! ASLIIIII!!!! Perbandingannya tuh 1 banding SEJUTA, buat cowo-cowo PHP pengobral janji! Naaahh buat cewe-cewe juga jangan mau jadi bahan obralan! Kalo cuma mau jadi bahan obralan, pacaran aja noh sama inang-inang di Poncol! Jadi cewe tuh kaya berlian yang dipajang di etalase! Itu baru namanya cewe yang pantes dihargain!
Oya, sekali lagi nih gue ingetin, terutama buat COWO-COWO! Kalo pacaran tuh yang konsisten! Kalo kata temen gue yang sukses pacaran 7 tahun dan akhirnya sampe ke jenjang pernikahan, doi pernah share pengalamannya sama gue. Waktu itu cewenya lagi pengen banget 'gituan'. Sebut aja Surti. Surti lagi di kamarnya Tejo, temen gue. Tejo baru kelar mandi dan cuma pake anduk dan celana dalem. Karena Surti udah ngebet banget, akhirnya terjadilah adegan tarik-tarikan anduk dan celana dalem sampe tu celana dalemnya Tejo ROBEK meeeenn!! Gahar banget gak nih si Surti temen gue! Akhirnya Tejo ngomong dengan nada serius..
"Kamu lagi pengen ay? Jangan yah.. Aku udah janji sama diri aku sendiri, sama Allah, tahun depan aku mau nikahin kamu. Aku mau jalan kita berkah. Biarpun kita udah sering KAYA GITU, aku coba buat nahan itu sampe kita nikah nanti. Sekarang aku emang belom punya rejeki buat kita nikah. Tapi aku yakin, karena niat aku baik mau NIKAHIN KAMU, pasti ada aja jalannya. Aku pengen, kamu mulai tutup diri kamu, jaga diri kamu, jaga hati kamu. Kamu pake JILBAB."
Dan ternyata bener aja, rencana temen gue si Tejo berjalan lancar. Setelah dia berniat buat nikahin Surti, gak lama Tejo dapet kerjaan dan akhirnya bisa nabung buat NIKAH! NIKAH MEEEEEENNN!! NIKAAAAAAHHHH!!!! Akhirnya sekarang si Surti udah bunting noh.. Enak kan idup normal gitu? Pacaran yang wajar. Ya gak munafik siihh.. Emang udah jarang banget PERAWAN dan PERJAKA di Jakarta. Tapi kalo lo emang punya niat baik mau nikahin pacar lo, kalo bisa pacaran gak usah ML ya gak usahlaaahh.. Tahanin aje sampe nikah yegaaa??? Dikata laki lo udah kaga perjaka, bini lo udah kaga perawan, kalo lo pacaran kaga pake ML, dijamin... Rasanya GURIH kaya perawan ketemu perjaka! Itu kata temen gue siiiihh.. Malah lebih enak, udah halal, gak mikir mau BUANG DIMANE, itung-itung IBADAH pula! Udah sama-sama enak, ibadah pula! PAHALA cooooyy!! Kan enak kalo udah...
"Saya terima nikah dan kawinnya Nadia binti Waw dengan mas kawin berlian 2 kilo gram dan seperangkat alat sholat, dibayar TUNAI!"
"SAH?"
"SAAAAAAHHH!!"
"Barakallah........"
Beuuuuuhhh... Kapan yak gue kaya gitu. Pacar aje belom punya! Hahaha! Miris lo Nad! Tapi iye juga sih.. Diumur-umur gue segini saatnya cari pacar yang SERIUS buat yang terakhir. Gue gak mau juga pacaran kelamaan baru nikah, atau pacaran kecepetan terus nikah. Yaaaa.. Paling engga pacaran setaun atau dua taun yegaa.. Sembari nabung buat biaya nikah dan setelah nikah! Tapi masalahnya, gue juga gak tau nih siapa yang bakal jadi pacar gue yang terakhir buat sampe nikah. Yang ada disakitin deui.. Ditinggalin deuiii.. Ya itu tadi, karena diawal udah ngumbar-ngumbar perasaan, angan-angan dan cita-cita pengen ina ini ita itu sampe udah ngomongin nikah! Yang ada BUBAR JALAN aje duluuuu! Hmmmmm!! -_______-"
Ayo ayo yang jatuh cinta.. Yang lagi move on! Sukseskan MOVE ON yang sebenernya! Jangan gegalauin masa lalu mulu. Cari pendamping yang bener-bener tulus yang gak cuma mikirin NAPSU SESAAT sama SEX aja! Ya Tuhan, jagain jodohku siapapun dia ya Allah. Jaga hati kita masing-masing yaaa.. Amiiiinnn..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar