Jumat, 05 Juli 2013

Email yang MUNGKIN gak akan pernah sampe ke KAMU....

Aku gak tau lagi harus dengan cara apa buat ngomong sama kamu dan dapet respon dari kamu. Aku bbm, bb kamu error. Aku sms gak dibales juga sama kamu. Aku diemin, aku tunggu sampe kamu gak sibuk, kamu malah sibuk sama “yang lain”. Bukan sama kerjaan, tapi hal yang lebih sensitif lainnya. Sebenernya aku gak pernah mau bahas ini sama kamu. Aku gak mau kamu atau aku jadi sedih gara-gara ini. Tapi aku juga gak bisa kamu diemin kaya gini. Ternyata tumbler yang aku kasih malah bikin kamu makin jauh dan makin lupa sama aku yah? Kalo gitu salah dong aku ngasih kamu tumbler dengan foto-foto kita? Gak ada maknanya juga kan buat kamu. Paling sekarang tumblernya cuma disimpen di gudang atau di kotak sepatu.
Aku gak tau maksud kamu apa. Dengan apa yang udah kita lewatin bareng, gak masuk akal kalo cuma dibilang sebates TEMEN. Tapi makin kesini aku makin gak ngerasa aku dianggep sebagai PACAR juga. Apa selama ini aku yang SALAH? Aku yang BEGO? Aku yang KEPEDEAN nganggep kamu sebagai pacar tapi kamu nganggep cuma sebagai temen? Temen tidur mungkin? Maaf kalo aku jadi agak kasar dan terkesan gak dewasa. Tapi seengganya aku lebih REALISTIS dari kamu. Dari segi umur, kamu emang lebih tua beberapa bulan dari aku. Tapi kayanya kamu gak lebih dewasa dari aku.
Selama ini aku selalu ngebangga-banggain kamu didepan orang-orang, ngebelain kamu didepan mamah. Tapi kayanya kamu gak sebangga itu saat kamu sama aku. Beda jauh. Termasuk saat aku di rumah kamu, kamu gak sedikitpun berniat buat ngenalin aku ke abang kamu. Padahal jaraknya gak sampe 3 meter. Tapi boro-boro ngebanggain aku didepan abang kamu, ngenalin aja engga. Sebenernya sih agak kecewa. Tapi masa aku mau marah, sedangkan saat itu kamu lagi sakit. Oh apa mungkin kamu lupa untuk ngenalin karena lagi sakit yah? Yaaa semoga aja karena itu, bukan karena yang lain.
Tapi kamu sadar kan beberapa hari yang lalu, gak tau kapan, saat kamu lagi sibuk-sibuknya, saat kamu lagi gak sempet-gak sempetnya buat ngabarin aku, kamu tetep sempet untuk ngetweet untuk orang lain. Dia emang bukan “orang lain” sih buat kamu. Dia “seseorang” buat kamu. Dan sadar gak sadar, kamu udah nyakitin 1 orang. Kamu laki-laki yang pinter. Aku rasa kamu pasti tau maksud omongan aku kemana. Aku pernah nanya juga di bbm dan sms, tapi gak kamu jawab juga. Makanya sekarang aku coba lewat email. Mungkin ada respon. Dan lewat email, aku bisa nulis lebih banyak, cerita lebih banyak sama kamu. Cerita tentang gimana sakitnya “1 orang” itu yang nutupin tentang pacarnya ke orang banyak yang lebih sayang sama “seseorang”.
Salah gak sih aku “jatuh cinta lagi” sama kamu, kaya yang kamu pernah bilang ke aku? Jatuh cinta sama 1 cowo yang (aku pikir) dewasa, pinter, bertanggung jawab, bijak kaya kamu? Bahkan gak ada yang kurang dari kamu. Kalopun ada, kekurangan kamu cuma 1. Kamu kurang sayang dan butuh aku kaya aku sayang dan butuh kamu.
Aku yang selalu certita tentang kamu ke temen-temen aku, ngebangga-banggain kamu, termasuk ngebanggain kamu dengan cerita di blog aku. Tapi di facebook, di twitter, nyatanya kamu lebih BANGGA sama ORANG LAIN. Temen-temen aku nanya..
“Didit mana Nad? Sehat? Kok gak pernah kesini lagi?”
“Laki lo mana Nad? Kok gak sama dia sih?”
“Nad, jalan yuk. Ajak laki lo dong. Kenalin sama gue.”
“Didit sibuk apa Nad? Kok malem minggu gak jalan sama dia sih?”
Dari semua pertanyaan mereka tentang kamu, aku cuma bisa bilang..
“Didit lagi sakit, dia mau operasi gigi.”
“Didit mah hari gini lagi di kantor dong. Kerjanya kan office hour.”
“Iya nanti gue ajak didit deh, gue kenalin sama lo. Tapi kalo dia gak sibuk yah.”
“Diditnya ada kok, dia cuma lagi sibuk aja. Dia kan lagi dikuliahin lagi sama kantornya, dia lagi sama dunia kerja barunya. Jadi masih nyesuain diri sama jobdesk barunya itu. Jadi Senin sampe Jumat dia kerja, Sabtu dia kuliah, Minggu biasanya sepedahan. Jadi sibuk deh. Tapi alhamdulillah dia sehat kok.”
Salah gak sih aku jawab gitu? Salah ataupun engga, aku tetep malu. Malu sama diri sendiri, malu sama temen-temen aku. Aku jawab begitu karena itu kabar terakhir yang aku tau dari kamu, tentang kamu. Aku gak tau gimana malunya aku kalo sampe temen-temen aku tau kalo ternyata kita udah lama gak kabar-kabaran. Kalo ternyata kamu lebih milih “ngabarin seseorang” itu.
Lebih sakit lagi waktu temenku nanya serius,
“Nad, emang waktu lo balikan sama didit tuh gimana sih ceritanya? Emang yakin lo udah bener-bener pacaran sama dia? Dia nganggep lo pacar gak? Jangan-jangan lo doang lagi yang nganggep dia pacar tapi dianya malah masih sayang sama “SESEORANG” terus lo cuma kaya jadi pelariannya gitu.”
Wah itu gak enak banget didengernya. Dan aku cuma bisa senyum sambil nahan “perih”, dan bilang..
“Yakin kok. 10 tahun bukan waktu yang sebentar buat kenal seseorang. Gue yakin tanpa adanya kata-kata kamu mau gak balikan sama aku? Atau kamu mau gak jadi pacar aku lagi? Kita emang pacaran kok. Pacaran kan gak harus ada tembak-tembakan. Kita bukan anak kecil lagi. Yang penting kita tau kalo kita saling sayang, saling percaya dan perhatian. Gue juga tau, Didit orangnya dewasa.”
Dengan pede dan “sombongnya” aku “mamerin” kamu di display picture bbm, status dan personal message bbm, bio twitter, facebook, blog, tapi gak sekalipun kamu “mamerin” tentang aku dimanapun. Naif sih kedengerannya. Tapi setau aku, perempuan manapun pasti seneng kalo dianggep dan diakuin sama laki-laki yang disayang. Sampe detik ini, foto kamu masih nempel di wallpaper laptop aku. Tapi gak sekalipun foto aku nyangkut di bb atau laptop kamu. Kamu malu punya aku? Kamu gak bangga sama aku? Karena aku gak cantik? Karena aku tomboy? Karena aku ngerokok? Karena aku gak berguna? Karena apa? Kamu tuh gak fair. Kamu cuma bisa ngilang tanpa alesan yang jelas. Dulu kamu bilang,
“Aku diem bukan berarti gak perhatian sama kamu. Aku gak pernah nanyain kamu hari ini udah ngerokok berapa batang bukan berarti aku gak merhatiin kamu loh......”
Tapi kayanya sekarang ada alesan lain. DIEMnya kamu ini bukan tanpa alesan. Mau kan kamu bersikap dewasa dan cerita sama aku kenapa kamu diemin aku kaya gini dan lebih milih buat “NGABARIN SESEORANG” atau “KANGEN SESEORANG”? Menurut kamu ada gak sih yang mau kamu share sama aku? Kamu mau gak sih lebih JUJUR sama perasaan kamu sendiri? Kamu mau gak sih lebih terbuka lagi sama aku? Kita udah gede Dit. Bukan waktunya lagi buat kucing-kucingan kaya gini. Aku mau serius sama kamu. Gak ada lagi yang aku cari. Dan aku rasa gak ada lagi yang kamu cari. Kita sama-sama udah sarjana. Kita udah punya kerjaan masing-masing walopun kerjaan aku masih gini-gini aja. At least aku punya penghasilan walopun gak seberapa dibanding kamu. Tapi aku belom punya MASA DEPAN Dit. Tepatnya KITA sama-sama belom punya masa depan. Ngerti kan?
10 tahun juga bukan waktu yang sebentar. Tapi itu udah cukup untuk sekedar “main-main” atau “milih cowo” buat jadi pacar aku. Aku udah ketemu 10.000 cowo yang beda-beda. Aku gak nyari yang sempurna kaya di FTV-FTV. Sekarang aku udah tau apa mau aku. KAMU. Tapi kayanya kamu gak mau aku. Jadi buat apa? Kesannya sia-sia aja gitu. Sia-sia dateng jauh-jauh dari rumah ngurus hard cover skripsi ke kalibata, terus ke kampus minta tanda tangan, sampe kampus dosennya gak ada, akhirnya aku mutusin buat ke rumah kamu buat jenguk kamu yang waktu itu lagi sakit sekalian PAMERIN hasil karya setelah penantian 6 tahun duduk di bangku kuliah. Dan kamu juga jadi “penutup” yang manis di tugas karya akhir aku. Kamu pejuang sebenernya di tugas akhir aku. Dengan bangganya aku dateng ke rumah kamu naik bis tanpa rencana, dengan harapan kamu seneng karena saat kamu sakit, aku jenguk kamu dan bawain hasil kerja keras aku ke kamu, ternyata respon kamu gak seantusias yang ada di bayangan aku. Yaa mungkin emang salahku sih, aku terlalu banyak hidup di dunia bayangan. Akhirnya kalo cahayanya ilang, bayangannya juga ikutan ilang deh. Aku pikir tadinya aku bisa “pacaran normal” loh. Aku punya pacar yang hidupnya NORMAL. Tidur malem bangun pagi, olahraga, gak ngerokok, gak mabok-mabokan, gak sakit-sakitan, gak narkoba, gak clubbing, gak begadang. Tapi semoga aja gak ada “tambahannya”, GAK SUKA PEREMPUAN. Kan biasanya cowo-cowo “sempurna” yang gak macem-macem, ternyata gak suka perempuan. Tapi aku tau kamu gak gitu kok, kamu sangat suka perempuan. Aku tau itu. Suka banget malahan. Tapi sayangnya perempuan itu BUKAN AKU.
Aku pikir juga tadinya, disela-sela kesibukan kamu, kita bisa tetep ngabisin waktu bareng-bareng. Kalo kata orang-orang, Senin sampe Jumat buat kerja, Sabtu buat pacar, Minggu buat keluarga atau buat istirahat. Tapi terakhir-terakhir kita ketemu, nyatanya kita malah ketemu abis jam pulang kerja aku yang gak tentu. Udah malem banget dan udah sama-sama cape. Ketemu sebentar, abis itu udah waktunya tidur. Begitu aja. Gak sempet buat sharing, cerita tentang keseharian kita ngapain aja, apa aja yang kita temuin hari itu, apa aja yang bikin bete seharian itu, rencana besok mau ngapain aja, dan lain-lainnya. Aku makin gak ngenalin siapa kamu. Karena kamu laki-laki yang baik, sampe bikin kamu gak bisa bohong. Keliatan kok ada yang ditutupin dari kamu. Tapi kamu gak pernah mau cerita.
Sebenernya aku sempet bimbang sih, email ini jadi aku kirim ke kamu apa engga. Aku curhat ke bang Denny, aku harus gimana sama kamu. Itupun karena dia yang selalu nanyain kabar kamu duluan.
“De, gimana mas bro? Sehat?”
Pertama aku masih bisa jawab walopun ada jeda sepersekian detik untuk sekedar jawab,
“Alhamdulillah sehat. Cuma lagi agak sibuk aja.”
Tapi akhirnya aku gak bisa boongin diri aku dan Bang Denny. Akhirnya aku cerita gimana seharusnya aku bersikap sama kamu. Disatu sisi aku gak mau ngomel-ngomel ke kamu. Karena aku tau, kamu malah makin gak nyaman sama aku. Karena aku juga gitu kalo diomelin. Malah bikin suasananya gak nyaman kaya dulu. Tapi aku diemin, kamu malah makin seneng. Dan aku malah makin gak bisa berbuat banyak. Takutnya, aku pacaran sama orang lain, tau-tau kamu balik ke aku dan ngira aku selingkuh dari kamu. Tapi aku gak pacaran sama siapa-siapa, kamu juga gak jelas. Jadi antara kaya punya pacar dan engga.
Dan setelah obrolan lumayan panjang sama Bang Denny di pinggiran Stasiun Cikini, Akhirnya menghasilkan 2 step jawaban.
1. Diemiin aja dengan batas waktu yang ditentuin.
2. Setelah waktunya pas, baru tanya langsung untuk yang kedua kali sama kamu.
“Setelah waktunya pas”. Kapan waktunya pas? Sekarang. Karena apa? Karena 1 pekerjaan. Pekerjaan paling gak enak di dunia. Yaitu, NUNGGU. Sebenernya aku gak keberatan buat nunggu kamu balik ke aku. Dengan satu syarat, ada waktu yang ditentuin berapa lama aku harus nunggu kamu. Tapi kan kamu engga. Kamu sama sekali gak bilang berapa lama aku harus nunggu. Ibarat lagi nunggu lampu merah yang gak ada timernya. Gak enak, Dit. Jatohnya berasa di PHP-in sama kamu.
Sebenernya aku ragu mau ngomong semua ini sama kamu. Takut kamu makin jauh dari aku. Aku juga ragu mau email ini ke kamu. Tapi aku malah gak sanggup kalo harus ngomong ini semua di telfon. Takut gak kuat dan akhirnya kamu harus denger aku nangis. Tapi aku harus siap dengan kenyataan kalo kamu gak beneran sayang sama aku. Dan percaya atau engga, aku masih tetep belain kamu didepan temen-temen aku, dan aku masih sayang sekali sama kamu, Ditya Gumilar Sinambela...

2 komentar:

  1. Udah dikirim lom ke emailnya dia dan ada jawaban gak dari si ditya?
    Org yg suka sm lo jg baca blog lo tuh, dy jg jd galau kaya lo, takut di PHP in
    Heheheheeeeee.....

    BalasHapus
  2. Ini siapaaa? Belom ada jawaban dari Didit.. :"(( Hah? Siapa orang yang suka sama gue?? -___-"

    BalasHapus