Senin, 17 Juni 2013

Antara Mahasiswa dan BBM

Kali ini gue gak pengen cerita gegalauan dulu. Gue ceritanya sedih-sedihan dulu. *Apa bedanya galau sama sedih?* Weetss! Jelas ada. Gue sedih ngeliat MAHASISWA. Mahasiswa jaman sekarang selain ALAY, mereka juga anarkis men! Di bbm (Blackberry Messenger) mereka ALAY, dengan status-statusnya, display picturenya, dan segala macemnya. Tapi buat lo yang hari ini tepatnya hari Senin tanggal 17 Juni 2013 nonton siaran berita, mereka bikin galau pemerintah dan mereka juga galau gara-gara BBM (Bahan Bakar Minyak).
Hari ini demo BBM dimana-mana. BIKIN MACET! Bikin aparat kerja lebih keras. Dan bikin Pemda DKI juga kerja keras karena harus ngeberesin sampah-sampah hasil keanarkisan mereka. Sebagai ALUMNI (kan udah bukan mahasiswa, jadi gue nyebut diri gue adalah ALUMNI coy, maap-maap nih.), gue malu sama mahasiswa jaman sekarang. Mereka teriak-teriak kalo pemerintah ngabisin duit buat ina ini ita itu. Sendirinya? Ngaca cooy! Lau demo nih yekan, ngerusak fasilitas negara. Ngerusak pager-pager gedung DPR. Nanti DPR ganti pager ratusan juta sampe milyaran pada protes lagi. Tapi nanti ada kasus apalagi, dirusak lagi sama mahasiswa. Hadeeehh.. Apa sih sebenernya maunya mereka itu? Daripada duit negara buat benerin pager meluluan gara-gara dirusak mahasiswa, mending duitnya buat bikin panti sosial buat gelandangan dan pengemis yang "ngerusak pemandangan" ditiap-tiap lampu merah ibukota. *saik ye bahasa gue?* Duitnya lebih manfaat kan? Nih sekarang gini, 80% mahasiswa di Jakarta adalah orang-orang berduit semua. Mereka masih dapet duit jajan dan ongkos dari orang tuanya. Jadi gak usah sok kritis deh pake ngedemo-demo pemerintah gara-gara BBM naik. Lau-lau pada, paket BBM mahal juga tetep diisi terus kan? Nah yaudeh, sama aja kaya bensin. Dikata mahal juga bakal tetep dibeli juga sama mahasiswa yang masih nodong duit orang tua. Jadi gak usah sok keren ngerusak pager-pager DPR, teriak-teriak pake toa sok orasi kaya yang paling ngerti pemerintahan. Coba deh lau gantiin posisinya Pak SBY noh. Dikata kaga keder ape? Saban ari mikirin negara mulu. Nanti doi jalan-jalan keluar negri pada protes lagi. Lah emang ngapah? Orang kan juga butuh liburan, refreshing. Puyeng sob mikirin penduduk Indonesia yang isinya pada anarkis kaya mahasiswa-mahasiswa atau ormas yang mikirin dirinya sendiri. Sekarang gini deh, mahasiswa mikirin tugas kuliahnya aja males, ngetik revisian skripsi aja ogah, sidang skripsi takut, sok-sokan mau nyuruh SBY turun. MEEEEENN! Kuliah tuh hal sepele! itu aja masih banyak yang males. Jujur nih ya, semester-semester awal gue kuliah juga sempet ngalamin yang namanya males dan cabut kuliah. Tapi gak sering. Terbukti dari IPK gue yang... standar-standar aja sih.. IPK gue gak pernah dibawah 1, tapi gak pernah sampe 3 juga. Menurut gue sih masih dalam tahap bandel wajarnya mahasiswa.
Percuma gaya mahasiswa keren-keren tapi kaga ada otaknyee.. Percuma mahasiwa mobilnye keren-keren, sekalinya naek motor juga motornya minimal Ninja 250, 650, belinya pake duit orang tua. BENSINNYA masih minta orang tua. Entar ketilang, kecelakaan, pake duit orang tua juga. Padahal kendaraan yang dikasih orang tuanya malah buat ngeceng, jalan ama cewenya cabut kuliah, malem mingguan pulang pagi, belom lagi kalo suara knalpotnye ngeganggu 1 gang rumah. Punya malu dikit ngapaaahh! Yang lebih lucu juga kalo motornya cakep-cakep langsung dibodongin. Dipretelin abis yang penting bisa trek-trekan di jalan subuh-subuh. Yailah sooooobbbb!! Biar dikata apa sih lau padeee?? Contoh noh Si Doel Anak Sekolahan. Pinter, tapi kaga malu narik oplet. Ya emang pelem sih.. Tapi pelemnya bagus, bermanpaat gituuu. Jangan EPTIPI mulu yang ditonton. Eptipi mah cuma bikin imajinasi lo berkembang indah, tapi pas ngadepin fakta di kehidupan lo, lo jadi galau lagi karena yang lo tonton gak sesuai sama kenyataan yang lo mau. Jelas aja eptipi selalu happy ending. Orang durasinya cuma 2 jam. Coba 2 taun?? Pasti GALAU-GALAU juga deeeh! Jamin! Sama aja kaya lau pacaran cuma 2 jam. Lagi anget-angetnya tuh. Entar 2 taun juga bosen, ribut-ribut, selingkuh, ujung-ujungnya juga putusss! Terus paling UPDATE STATUS deh..
"Aku masih sayang sama kamu, semoga dia baca tweet aku ini kalo AKU BENER2 SAYANG DIA. #nomention"
PREEEEEETTT!!!!
Oke lanjut, back to the topic. Pas gue kuliah, gue belajar fotografi yang akhirnya jadi hobi gue. Kebetulan gue sukanya motret jurnalis gitu. Jadi motret demo-demo udah jadi 'makanan favorit' gue. Gue sering motret demo buruh yang bertepatan pada tanggal 1 Mei. Orang-orang menyebutnya "MAYDAY". Tapi gue juga pernah motret demo '100 hari kepemimpinan SBY'. MEEEEEENNN! Banyak mahasiswa-mahasiswa sotoy yang ikut-ikutan doang sok keren pake almamater sambil teriak-teriak dan bawa tulisan-tulisan yang nyuruh SBY turun dari posisinya sebagai PRESIDEN RI! Lau sokap sooooobbb??? Lau mahasiswa angkatan berapeee?? 96-98?? Kalo iya, salut deh gueee.. NYALINYA JUARA! Bisa nurunin presiden SOEHARTO yang ngerinye gak abis-abis! Ini mahasiswa taun 2000an aja pada sok nyuruh orang turun dari jabatannya. Mending jabatannya ketua karang taruna, ketua remaja mesjid atau apa kek. Nah ini PEMIMPIN NEGARA mau lo suruh-suruh turun gitu aja?!!!? Sekalinya ditembakin gas air mata sekali aja lau pada kabur kaga balik-balik lagi!! CEMEN lau sooooob!!!
Terus kalopun bertahan di tempat demo, sore-seorean dikit bakar-bakar ban deh. Bakar noh poto mantan! Biar sukses move onnya! Pan banyak tuh mahasiswa jaman sekarang yang kaga bisa move on dari mantannya, Ya iyalah, gimana mau move on? Poto mantan masih bejejer dikamar, dompet, ama instagram lau. Gimane mau move on?? Coba bakar poto mantan yang di instagram kalo berani mah! Paling diomelin ama emak lo pada. Dibeliin hp canggih-canggih malah dibakar gara-gara pengen move on dari mantan. -____-"
Kalo mahasiswa 98' demo kaga pake pulang!
"Maju tak gentar, membela yang benar"!
Gak kaya mahasiswa jaman sekarang,
"Maju tak gentar, membela yang bayar"!
Demo 98' sukses bikin Indonesia tepatnya Jakarta kaya di pelem-pelem holiwut. Kaya 1 negara yang kena virus yang bikin orang-orangnya jadi kaya zombie, kaya kota mati. Dimana-mana gedung-gedung dijarah, dibakar. Orang-orangnya udah kaya setan semua. Nah demo jaman sekarang mah mahasiswanya pada centil. Mau demo aja dandannya kaya mau kondangan. Pernah gue motret Demo mahasiswa UNAS yang waktu itu gara-garanya UNAS dimasukin aparat, kampusnya main diacak-acak aja sama aparat. Akhirnya mereka pada ngebalikin demo ke Polres Jakarta Selatan. It means depan kampus gue persis sob, STIKOM Interstudi. *saiiikk.. promosi dikit* Dan waktu itu gue moto cewe yang ikutan demo, cakep sih, tapi make upnya itu loh.. Hadeeehh... Eye liner, blush on, bedak, lipstik. Heeeet!! Mau ke mall mbak?? Kaga gerah kali ye demo pake make up kaya gitu.. Sayang fotonya ada di komputer gue, yang baru aja gue jual. Data-datanya masih di orangnya, belom gue pegang.
Nih coba bayangin, kalo tiap demo ada yang beginian?
Emang sih ini bukan foto-foto mahasiswa anarkis yang lagi demo terus bakar-bakaran, tapi ini demo buruh. Tapi tetep aja kan ngerusak!
Apa kaga BENGEK orang-orang Indonesia? Nanti pada sakit paru-paru, ISPA dll.. Nanti protes lagi gara-gara rumah sakit mahal! Udeeh dah, kaga ada abisnya! Yang bikin kerjaan siapeee yang disalahin siapeee.. Kalo masalah korupsi udah deh, kaga usah dirurusin. Tuhan kaga tidur kok. Ciyus, enelan! *bukannya ane sok suci nih gan. Tapi emang bener kan?* Sekarang lo bisa gak nyari siapa aja yang korupsi di Indonesia? Kalo engga gini dah, kaga usah di Indonesia. Di kampus lo pada aja dah. Bisa kaga? Bisa gak lo cari siapa aja yang ngentit duit kampus. Yang tau-tau tiap semester dosen A ganti mobil, beli ipad, iphone 5 dsb? Kaga kan?? Ya iyalaaah! Gue tanya lagi, EMANG LAU SIAPE? EYANG CUKUR? EYANG BUBUR? Ape EYANG DUBUR? Wong mahasiswane juga podo. KORUPSI! CONTOH : Korupsi ABSEN, NILAI, TUGAS ampe DUIT JAJAN yang dikasih ama emak lo pada. Gak mungkin yang namanya mahasiswa gak pernah NITIP ABSEN, bikin KEBETAN pas ujian, sampe manipulasi nilai! Jangankan yang begitu.. Gini deh, buat mahasiswa yang berangkat kuliahnya naek motor, pasti pernah yang namanya NGAMBIL SHORTCUT dengan cara NAIK MOTOR DI TROTOAR. Itu kan sama aja kaya KORUPSI! Itu hak pejalan kaki meeeen! Mau diambil juga! Udah gitu nyolot lagi! Kalo ada pejalan kaki yang lagi jalan malah diklaksonin, malah mau diajak ribut gara-gara lagi jalan! Laaahh.... Dasar kaga ada otaknye yeee! Yang ada, kalo ada pejalan kaki, ajakin kek gitu dibonceng kalo emang searah. Entar kalo beda arah baru turunin. Turuninnya juga bae-bae yee.. Jangan maen dilempar aje anak orang. Bukan malah lo ambil jalanannya terus lo maki-maki orang yang lagi jalan kakinya! Sama aja gilanya kaya koruptor yang ngambil duit negara itumah. Cuma beda seragam aja. Kalo mereka pake kemeja, jas, pantofel, nah kalo mahasiswa pake jeans, keds, kaos, backpack.
Bersyukur gue udah lulus sarjana coy. Udah bukan mahasiswa alay lagi. Dan gak pernah ngerusak pager DPR juga. Jadi dengan adanya tulisan gue gak panjangnya gak sama kaya skripsi gue ini, gue kaga MUNAFIK coooyy..
Maap yak buat mahasiswa yang ngerasa. Ini cuma suara hati seorang SARJANA aja kok. Kalo kata SLANK mah, PIIIISSS!!!

2 komentar: