Senin, 20 April 2015

KEKINIAN!

Bukan foto pakaian lo dari ujung kepala sampe ujung kaki, foto sepatu lo doang, atau foto makanan lo dan semua itu cuma buat di upload ke Instagram, atau mungkin INSTAGRAM IN HAND. Itu sih kekinian versi lo. Tapi bukan versi gue.
Senior, atasan atau orang yang lebih tua selalu bener. Itu versi gue. Tapi bukan gue yang ada di posisi senior atau atasan itu. Kalo lo nemuin dimana senior atau bos selalu benar, selamat! Lo udah hidup di jaman KEKINIAN. Nggak usah jauh-jauh deh, lo kerja, lo bikin salah dikit sama satu orang. Tu orang yang notabene senior lo bisa aja bentak-bentak lo seketika karena kesalahan kecil yang semua orang bisa lakuin. Tapi giliran dia salah, emang kita bisa bentak-bentak dia? Jangan harep! Kecuali kalo lo mau dianggep JUDES atau GALAK sama seluruh penjuru kantor.
Gue pernah banget ngalamin kaya gini. LEBIH DARI SEKALI! Gue pernah dateng ke studio tempat gue syuting dengan jam yang ngepas. Emang seharusnya itu nggak boleh. Harusnya gue dateng minimal banget setengah jam sebelom syuting (untuk program kecil), untuk sekedar nyiapin clip on dan minta script atau rundown. Tapi hari itu gue dateng ngepas karena sahabat kampus gue mampir ke kantor gue dan kita sempet ngobrol sebentar. Sampe studio, gue liat semuanya udah di posisinya masing-masing dan yang lain ngomel-ngomel karena gue TELAT! Sebenernya bukannya telat, tapi JADWAL ON CAM DIMAJUIN! Kebetulan waktu itu cuma taping. Dan ada satu orang laki-laki yang ngomel nggak berenti kaya emak-emak rusun, katanya kenapa gue telat, kenapa hp gue nggak bisa dihubungin??? Ya gue bilang, gue daritadi udah nungguin di kantin karena lagi ngobrol sama sahabat kuliah gue, dan hp gue aktif tapi enggak ada telfon masuk. Dan nggak ada pemberitahuan sebelomnya kalo syuting bakal dimajuin. Toh posisi gue nggak terlalu krusial kok. Kalo gue telat pun, mereka bisa syuting tanpa gue. Karena itu cuma program kecil tanpa penonton yang butuh arahan dari Floor Director. Gue udah kasih penjelasan dan minta maaf ke temen-temen yang lain tapi DIA tetep ngomel-ngomel. Gue males debat, mending gue diemin abis itu gue tinggalin. Gue nggak mau terjebak lama-lama disatu ruangan, kendaraan atau apapun sama dia. Beberapa hari kemudian, gue syuting LIVE dan ternyata sama dia. Tapi orangnya belom dateng-dateng. Tapi syuting harus tetep berjalan walopun pincang. Karena posisi dia krusial kalo engga ada. Ditelfonin juga enggak aktif. Sekalinya aktif juga nggak diangkat. Pas akhirnya diangkat, ternyata dia lagi di rumah, lagi nonton acara LIVE yang kita lagi syuting, tanpa dia! Ternyata dia SALAH LIAT JADWAL! HAHAHAHA! MAMAM! Kena kan karmanya? Sama yang lebih parah lagi! Dia nggak dateng pas live! Pas ketemu di kantor, gue enggak bentak-bentak dia kaya yang waktu dia lakuin ke gue. Tapi gue cuma bercandain, gue SINDIR-SINDIR NYINYIR depan orangnya langsung, dan dia langsung bete parah! Padahal gue cuma iseng nanya, "KEMANA AJA LO?? HAHAHA!" Tapi saking malunya dia, dia melipir pergi sambil marah-marah.
Sebenernya masih banyak cerita yang hampir mirip kaya gini. Yang pada intinya, giliran kita bikin salah SEDIKIT, dimaki-makinya kaya abis nyolong laptop kantor. Giliran mereka yang bikin salah GEDE, enggak mau disalahin! Kan ANJING! Tapi bawahan, orang-orang kecil atau junior mah bisa apa? Cuma bisa diem aja diinjek-injek, dilempar tai di muka sama orang-orang kaya gitu. Ujung-ujungnya cuma bisa sabar. Tapi kalo kita sabar Tuhan akan bales lebih buruk ke mereka kok. Dan kalo kita beruntung, kita diijinin Tuhan buat ngeliat karma yang Tuhan kasih buat dia. Sedap yee? Hahaha!
Sekarang yang nggak kalah kekiniannya lagi, laki-laki dengan mulut dan naluri ngerumpi yang lebih gede dari emak-emak rusun! Banyak cowok-cowok di kantor gue (pasti juga banyak di kantor atau tempat kerja lo), yang modelnya kaya gini. Gayanya sih asik, gaul, friendly, dan lain-lain, yang bikin kita nyaman akhirnya sharing kerjaan sama mereka. Tapi setelah kita berkeluh kesah sama dia, ternyata cerita kita muter ke seluruh penjuru kantor (lagi). Dan akhirnya kita deh yang jadi public enemy, seolah-olah kita penjahatnya. Padahal kita enggak tau apa yang disampein ke mereka-mereka itu sesuai sama yang kita ceritain apa enggak. Yang udah-udah sih, cerita negatif pasti cepet berkembangnya. Nggak paham lagi deh gue sama cowok-cowok tukang ngerumpi kaya gini. Tapi gue pernah baca artikel di media online, cowok yang nyinyir, ternyata lebih banyak mengandung hormon keibuannya. Naaah, makanya buat cowok-cowok nyinyir tukang gossip, besok nggak usah kerja, tapi netein anak aja di rumah. Istrinya aja yang kerja.
Oya, ada cerita lagi nih. Lo pernah nggak pacaran sekantor dan pas putus masih sekantor? Gue pernah! Kalo gue sih, pas pacaran ya biasa deh, manisnya ngelebihin biang gula. Tapi pas udah putus, nyolotnya udah kaya emak tiri! Apalagi pas lagi kerja bareng. Gue dibentak-bentak mulu. Yang padahal dia cuma nyari kesalahan gue aja. Mentang-mentang dia punya posisi yang cukup buat ngebentak-bentak orang. Tapi apa harus kaya gitu? Bukannya itu malah nunjukin kalo dia enggak profesional yah? Udah lah nggak usah diperpanjang. Disyukurin aja gue udah putus sama orang kaya gitu.
Dan ini yang baru aja gue alamin tadi pagi. Hari senin, syuting pagi di studio Kuningan, yang mana kantor gue di Cawang. Jadi rutinitas kita adalah, berangkat bareng-bareng dari Cawang naik bus atau mobil kantor jam 7 pagi. Ngeliat macetnya Jakarta hari Senin pagi aja males kan? Apalagi kalo ada yang NGEROKOK di bus atau mobil!!! Gue emang pernah ngerokok. Tapi gue usahain banget enggak ngerokok di dalem kendaraan, kecuali semua yang ada di dalem kendaraan itu perokok semua. Dan tadi sekitar 4 orang SENIOR dan jelas umurnya lebih tua diatas gue, pada ngerokok di dalem bus kantor! Gue pengen minta mereka buat enggak ngerokok, pasti ada aja jawabannya dan mereka bisa tetep ngisep rokoknya. Belom lagi gue pasti akan dibilang belagu atau songong, karena sok nggak suka sama asep rokok padahal dulu gue ngerokok! Tapi emang nyatanya gue sekarang udah berenti ngerokok dan NGGAK SUKA SAMA ASEP ROKOK! Coba deh lo tanya sama mantan perokok! Apa mereka masih suka sama bau asep rokok? Atau emang gue doang yang kelainan???? Kok lo yang ngerokok, baju gue yang bau sih???? Mana pas banget gue lagi nggak bawa parfum lagi!! Belom lagi ditambah sama penyakit yang dihasilin dari asep rokok!! EGOIS BANGET SIH JADI ORANG????!!!!!!! Udah bagus gue enggak makan temen!!! Kalo gue jahat mah gue laporin aja sama yang bertanggung jawab!! Biar kena SP lo semua!!! Tapi enggak gue lakuin juga kaaannnn???? GUE ENGGAK JAHAT SAMA LO SEMUA!!!! Kalo aja tadi yang ngerokok di bus itu seumuran atau umurnya nggak jauh-jauh amat dari gue, pasti pertama gue minta matiin baik-baik, kalo enggak dilakuin juga, gue ambil rokoknya, gue patah-patahin depan mukanya!!!!
Gue juga bingung sama orang yang mulutnya (MASIH) nyinyir, apalagi orang itu laki-laki! Nggak bisa gitu kalo enggak ngeresein idup orang. Gue tau lo suka bercanda. Gue juga suka bercanda. Tapi kalo bercanda kira-kira aja sih!! Ngeliat gue belanja dikit, dibilangnya dibelanjain om-om!!! Entar gue banyak posting di socmed, ngasih penjelasan kalo gue nabung lah, dikasih duit dari bokap lah, nahan laper buat buat belanja lah, dibilangnya lebay! Pasti ada aja yang bilang, "NGGAK SEMUA TENTANG IDUP LO HARUS DICERITAIN KE ORANG KAN NAD?????" Lo tau TAI nggak sih? JADI GUE HARUS GIMANA BANGSAT? Gue curhat sama orang, diceritain lagi ke orang lain. Gue curhat ke socmed, dibilangnya MENUH-MENUHIN TIMELINE!!! Gue nggak perlu bilang kan kalo gue udah curhat sama Tuhan? Entar gue dibilang riya lagi, sholat aja pake cerita-cerita sama orang! Helloooowwww.. Gue bukan TATA CHUBBY, yang mau belanjan aja harus jual diri dulu. Sampe akhirnya harus mati dibunuh sama pelanggan yang suka pake jasa SEXnya! Gue mendingan nabung mati-matian buat beli barang yang gue pengen. Jadi mulut lo jangan jail, bilang gue dapet duit dari OM-OM!! Noh temen kampus gue ada tuh yang begitu kelakuannya!! Jual diri cuma buat duit!!!! Dia lupa kali kalo neraka masih open house!!!
Gue udah lama narik diri dari pergaulan yang berlebihan. Gue lebih baik kemana-mana sendirian daripada gue harus bikin dosa kalo kebanyakan ngumpul sama orang. Yang udah-udah nih, kebanyakan ngumpul sama orang emang bikin lo jadi lebih gaul dan dikenal orang. Tapi itu juga yang bikin lo banyak dosa! Boong kalo udah ngumpul sama temen-temen enggak ngegosip dan ngomongin orang!!! Pasti adaaaa aja nyelip ngomongin orangnya! Sorry, gue udah pernah kaya gitu. Dan cukup. Gue engga mau nambahin dosa gue lagi. Lo mau ngomongin gue dibelakang SILAHKAN, dengan satu syarat. GUE JANGAN SAMPE DENGER SAMA SEKALI. Sampe gue denger dan tau siapa aja yang ngomongin gue, kelar lo! Gue sih anaknya engga suka main tangan atau kekerasan pake tangan gue. Gue enggak nyelesain semuanya pake otot, tapi pake otak. Ada yang ngejahatin gue, buktinya kemaren gue bisa bikin dia diputusin pacarnya karena kesalahan dia sendiri. Itu cara gue. Dan gue bisa bikin cara yang lain. Kalo mau jahat, yang pinter. Oiya, abis dijahatin orang, gue sih berdoa aja, semoga orang kaya gitu dijauhin dari idup gue. Gue cuma mau idup tenang. Kalo dia belom mau berubah sama sikap dan sifatnya yang jelek dan ngerugiin orang banyak, ya SILAHKAN! Tapi jangan ngerugiin idup gue!
Jangan juga ngerugiin orang dengan BUANG SAMPAH SEMBARANGAN!!! Entar Jakarta banjir dikit, lo yang rewel. Padahal buang sampah sendiri aja belom becus. Enggak usah repot-repot deh contohnya. Gue sering banget nemuin sampah diatas atau dibawah meja gue. WOOOOOYY!!! Lau sokap???? AL GHAZALI???? Yang buang sampah aja ada yang buangin???? Sayangnya lo bukan anak raja kaya Al, jadi lo harus buang sampah sendiri!!! Yailaaaah, cuma sampah plastik yang beratnya enggak ngelebihin 1 ons apa susahnya sih?????
Masih banyak orang-orang yang KEKINIAN versi gue. Nanti bakal gue ceritain lagi disini. Maap kalo kasar. Gue lagi KZL! Mungkin gue PMZ!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar