Selasa, 01 Desember 2015

Dua Jenis Hubungan Yang JARANG Berhasil

Cerita ini berdasarkan survei yang akurat, dari jamannya Monalisa masih belajar bahasa bancyi sampe jamannya Nobita menang main Duel Otak. Itu juga sebabnya, blog gue yang berjudul "MANTAN ATAU GEBETAN" gue posting beberapa hari lalu. Dan dua hubungan yang gue maksud itu adalah, LDR dan BALIKAN SAMA MANTAN.
Sekali lagi gue tegesin, kalo balikan sama mantan gue ibaratin kaya lo nonton film Titanic berkali-kali. Awalnya manis, sampe tengah-tengah mulai deg-degan, ujung-ujungnya ditinggal mati. Lo udah apal gimana jalan ceritanya, dan lo juga udah tau gimana endingnya. Nggak happy ending juga! Okelah, gue nggak usah bahas tentang balikan sama mantan, karena baru berapa hari lalu gue bahas. Sekarang kita agak fokus ke LDR aja yah.
Tadi pagi gue baru dapet email dari salah satu pembaca buku gue, Galau Pasti Berlalu. Dia adalah orang kedua yang email gue untuk sharing masalah pribadinya setelah baca buku gue. Dan seketika gue berasa kaya Mamah Dedeh, yang orang bawaannya pengen curhat mulu dan nanya solusi sama gue. Guepun dengan setrongnya ngasih solusi bak Mario Teguh, solusi yang bijak dan terkesan cerah. Sedangkan gue nggak bisa ngasih solusi ke diri gue sendiri saat gue ada masalah. Oke bhay!
Anyway, Ratih (bukan nama sebenarnya), temen pembaca gue yang ngirim email ke gue cerita tentang hubungannya yang mulai retak bak gelas-gelas kaca sejak dia LDR sama pacarnya 6 bulan yang lalu. Padahal mereka udah 5 tahun pacaran. Baru baca setengah, gue udah tau ujung ceritanya kemana. Yes. 6 bulan LDR, awalnya masih lucu-lucunya, mesra-mesranya, kangen-kangennya. Jadi kaya baru PDKT lagi, bawaannya kangen mulu. Tapi setelah 6 bulan semuanya mulai berubah. Anggeplah nama cowoknya Riki. Saat Riki libur sebulan, dia cuma balik ke Jakarta cuma seminggu dan lebih milih balik lagi ke Jawa. Padahal disana nggak ada siapa-siapanya Riki. Tapi lama kelamaan Riki ngaku kalo dia punya cewek disana (sebut aja namanya Rini) dan janji sama Rini mau nikahin Rini padahal baru kenal satu bulan. Tapi ternyata, Riki putus juga sama Rini karena Rini juga baru tau kalo sebenernya Riki udah 5 tahun pacaran sama Ratih. Hmm.. Ribet yah? Tapi standar sih. Itulah LDR. Kita nggak bisa nyalahin keadaannya sih. Karena yang salah tuh orangnya, bukan keadaannya. Kejadian kaya gini tuh udah banyak banget kejadian dengan skenario yang hampir sama persis. Pokonya alur ceritanya ya gitu-gitu aja.
Buat gue, LDR adalah, saat dimana pacar kita yang sedang dijaga baik-baik sama orang lain yang jauh disana. Yep, karena buat gue, YANG SAYANG AKAN KALAH DENGAN YANG SERING. Iyalah, sesayang-sayang elo atau pacar lo, akan kalah sama yang sering ketemu, sering jalan bareng, sering ngasih perhatian, sering berduan, sering bawaain makanan, sering cium-ciuman dan sering.......... (isi sendiri menurut pengalaman masing-masing) Seriously, udah banyak banget cerita LDR dari temen-temen gue yang gagal di tengah jalan. Mulai dari yang LDR beda kota, beda pulau sampe beda negara. That's why gue nggak mau coba-coba untuk LDR. Soalnya, nggak semua orang punya pemikiran yang sama kaya gue. Kalo gue orangnya nggak suka banget diboongin. Gue lebih baik dikasih tau sejujur-jujurnya walopun itu pait, daripada dimanis-manisin padahal kenyataannya nggak semanis itu. Jadi kalo emang gebetan atau pacar gue udah nggak sayang lagi sama gue, lagi suka sama cewek lain, minta putus karena lebih milih balikan sama mantam atau apapun, lebih baik bilang seada-adanya. Dengernya pasti shock, tapi itu cuma sebentar, diawalnya aja. Kalo gue diboongin apalagi untuk waktu yang lama, sakitnya pun akan lebih lama lagi. Kalo gue dijujurin satu hal yang pait, ibarat gue lagi mules banget di tengah jalan tol yang macet dan jauh dari rest area, tiba-tiba nemu WC yang bersih dan boker-able, terus gue boker dan gue FLUSH semua eek-eek bau itu. Emang sih awalnya SAKIT BANGET, tapi setelah dibuang dan diflush, rasanya legaaaaa banget. Sakitnya pun seketika ilang. Analogi gue selalu aneh yah? Tapi emang bener sih.. Gue pun bukan Mamah Dedeh atau Najwa Sihab yang pinter dengan sejuta kata rasional. Gue hanyalah res-resan debu cor-coran Kalimalang. Setuju nggak sih lo?
Dari semua kegagalan kisah cinta gue, gue ambil kesimpulan. Gue nggak boleh percaya sepenuhnya sama cowok. Karena nggak semua cowok bisa se-gentle itu untuk jujur se-jujurnya. Dan dari sisi perempuannya juga, kita nggak perlu jujur-jujur amat sama cowok apalagi sama cowok yang baru kita kenal. Bukan berarti kita harus bohong. Tapi lebih baik kita diem aja kalo nggak perlu-perlu amat untuk diceritain. Semoga aja blog gue yang nggak seberapa ini bisa ngebantu para hati yang luka *asedaaapp* Dan kalo udah putus gara-gara diselingkuhin pas LDR, udahlaaahh.. Lupain aja. Nggak usah ngarep buat balikan. Karena kalopun balikan, kalopun kalian tinggal di satu kota yang sama lagi, rasa pacarannya udah nggak sama lagi kaya waktu baru pacaran. Karena nggak ada yang bisa nyembuhin rasa sakitinya dikhianatin. *curhat banget bu?* Selingkuh itu udah jadi guilty-pleasure-habit. Selingkuh itu ibarat narkoba. Dosa yang enak yang susah disembuhin walopun udah rehab. Jadi, kalo sekali aja udah diselingkuhin, nggak usah sok kuat kaya Bunda Hanna deh lo. Putus mah putus aja. Because God already have a better plan for you. Ihiiww...
Have a good day, heartbreaker. :*

2 komentar: